Selasa, 02 April 2013

Upaya Yang Mudah Banget Menjaga Nasionalisme Sebagai Mahasiswa

19.01

matematika, unesa, pendidikan matematika, nasionalis, nasionalisme, cinta indonesia, menumbuhkan nasionalisme, menjaga nasionalisme, mempertahankan nasionalisme, cara mudah, cara mudah menjaga nasionalisme, cara mudah menumbuhkan nasionalisme, cara mudah mempertahankan nasionalismeBanyak sekali kegiatan yang dapat lakukan untuk menjaga semangat Nasionalisme agar tidak luntur lagi. Sebagai Mahasiswa, pastinya harus mempunyai pikiran tersebut. Beberapa poin Nasionalisme yang secara tidak sadar sudah kita lakukan adalah:
a.       Kita Mahasiswa Unesa, yang berarti saat kita pilih kampus Unesa sebagai pilihan kita untuk belajar adalah poin pertama bahwa kita sudah punya rasa Nasionalisme yaitu percaya pada tenaga pendidik dan lembaga pendidikan dalam negeri.
b.      Membayar uang semester dan atau uang lain yang dipercaya untuk keperluan Unesa dalam hal yang menyangkut mahasiswa. Yang berarti bahwa kita mempertahankan adanya kepercayaan yang secara tidak langsung memperbaiki kampus yang nantinya akan menuju yang lebih baik
c.       Berpendapat atau beraspirasi yang didasarkan nilai dan norma Pancasila. Dengan adanya kritikan dan saran dari pihak yang merasakan fasilitas dan sarana termasuk juga pembelajaran, secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas dari kampus sendiri.
Sedangkan kegiatan yang dapat kita lakukan secara sengaja untuk menjaga Nasionalisme adalah sebagai berikut,
a.       Mengikuti dan membuat produk inovatif dan kreatif dalam kegiatan karya tulis ilmiah seperti PKM, Karya Ilmiah Mahasiswa, UKIM, dll. Dengan begitu kita bisa membantu Indonesia dalam hal produk yang inovatif dan kreatif sebagai wajah budaya Indonesia sebagai jati diri.
b.      Bersuara lewat Blogging atau Web-domain. Dengan fasilitas yang murah seperti Blogging, Wordpress, Multiply, Tumblr, dll. Kita dengan mudah mendapat wadah untuk suara kita. Kita bisa mengisi blog dengan artikel yang bisa menarik para surfer dari mancanegara atau Internasional. Bahkan kita bisa mendapat uang sebagai hasil sambilan dari blogging. Dengan mengaplikasikan nilai dan norma Pancasila dalam membuat artikel apapun, kita bisa memperlihatkan inilah jati diri Indonesia, yang terdapat banyak budaya maupun tempat Indonesia yang lebih bagus dari tempat mereka misalnya.
c.       Mengaplikasikan nasionalisme dalam kehidupan mahasiswa seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, mengembalikan projector-lcd yang baru dipinjam, membantu teman dalam hal kebaikan; dan mendidik anak didik kita tentang nasionalisme. Kadangkala saat kita mengajar apapun itu entah Matematika atau lainnya juga bisa mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan yang merujuk ke nasionalisme pada anak didik itu. Misalnya mencari variabel x pada “2 + x = 7”. Nah, persamaan ini mengajarkan pada anak didik bahwa kita harus adil pada semua elemen orang. Jika ruas kiri dikurangi 2 maka ruas kanan juga dikurangi 2. Dengan begitu kita akan begitu kita akan menemukan kebenaran. Yaitu menghasilkan “x = 5”.
Untuk itu marilah kita mulai sadar dan lakukan. Jangan hanya planning saja tapi juga do it !. Dimulai dari kita dan apa yang kita bisa pada lingkungan sekitar.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

2 komentar:

mipa mengatakan...

bagaimana kita bernasionalisme, tapi tetap berakidah... bukan sebaliknya..

mathmatematika mengatakan...

terimakasih comment anda,
emm, menurut saya itu tergatung individu. tiap individu punya alasan dan latar belakang yang perlu diarahkan.

 

© 2013 Matematika. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top