Kamis, 04 April 2013

Blogger dan Kaskus sebagai Strategi Mempertahankan Nasionalisme

21.07



Matematika, unesa, pendidikan matematika, nasionalisme, mempertahankan nasionalisme, Blogger dan Kaskus sebagai Strategi Mempertahankan Nasionalisme, blogger, kaskus
Nasionalisme adalah paham, prinsip atau pandangan untuk mencintai bangsa dan negara sendiri untuk menciptakan persatuan dan kesatuan yang dibangun dari keinginan rakyat dan dipergunakan untuk mem-filter atau menyaring kebudayaan bangsa lain yang bisa timbul dari pergaulan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Sementara itu, era gloalisasi sudah terjadi secara tidak sadar sejak beberapa tahun kemarin. Kebanyakan yang terlihat adalah kemajuan teknoogi yang pesat. Khusunya era blogging atau forumming. Berdasar www.wikipedia.org yang mengawali adanya blog adalah Blogger. Sedangkan forum yang terbesar di Indonesia adalah Kaskus. Inilah momen yang tepat untuk anak muda seperti kita untuk mengimplementasikan Nasionalisme lewat media elektronik seperti Blogger dan Kaskus. Menurut Prof. Dr. Muchlas Samani, Pembantu Rektor 4 Unesa. Dalam pembentukan karakter diperlukan pendekatan dan tidak boleh langsung memaksakan. Bagaimana caranya menanamkan karakter Nasionalis yang baik ke anak, cucu, teman atau orang lain?
Sebelum merujuk bagaimana cara menanamkan dan mempertahankan Nasionalisme, tahukah anda apa itu Blogger dan Kaskus ?
Sejarah Blogger
Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis. Blog bisa disebut anaknya website. Karena tampilannya mirip dengan website.
Sejarah Kaskus
Kaskus adalah forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia. Di Kaskus juga tercipta jargon & istilah-istilah khas yang akhirnya menjadi budaya pengguna internet di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Juragan, Pertamax, Rekber, COD, dan istilah-istilah lainnya.
Berdasarkan www.kaskus.com, KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Sejak tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa, sebuah perusahaan web yang me-rangkingkan sebuah web atau blog.
Cara Mengimplementasikan Nasionalisme pada Blogger dan Kaskus
Jika anda bertanya apakah sulit? Saya akan menjawab sangat mudah sekali. Nasionalisme pada dasarnya adalah rasa cinta tanah air. Yang pertama harus kita siapkan adalah kebiasaan berperilaku berlandaskan nilai dan norma Pancasila. Perilaku ini kita tuangkan dalam melakukan blogging atau forumming. Sikap ini bisa kita tularkan lewat akun Blogger atau Kaskus kita dengan pendekatan antar sesama akun.
Beberapa langkah yang sangat mudah kita lakukan adalah sebagai berikut,
a.      Menulis Ulasan Informasi-Informasi Indonesia Yang Membuat Menarik Orang Lain
Blogger pada dasarnya adalah wadah beberapa artikel yang kita buat. Kita bisa buat apapun artikel yang berlandaskan Nasionalisme. Tidak harus berkaitan dengan ilmu sosial. Misalnya, kita menulis artikel “Penemuan web jejaring sosial “Islamku” oleh anak SMP Indonesia”. Sangat membanggakan jika kita tahu berita ini. Apalagi Blog bisa dilihat di seluruh dunia. Maka dunia akan tahu bahwa Indonesia tidak kalah dalam hal teknologi. Kaskus juga mempunyai fasilitas Lounge atau bisa dibilang forum yang kita buat sendiri. Dalam ulasan pertama pastinya kita menulis headline. Yang nantinya akan dicomment dengan kaskuser lain. Dalam headline tersebut, kita juga bisa menulis informasi-informasi di Indonesia yang bisa membuat menarik kaskuser lain, bahkan kaskuser dari negara lain.
Matematika, unesa, pendidikan matematika, nasionalisme, mempertahankan nasionalisme, Blogger dan Kaskus sebagai Strategi Mempertahankan Nasionalisme, blogger, kaskus
b.      Mengikuti Group-Group Nasionalisme yang ada di Blogger dan Kaskus
Terkadang, karena persamaan historis para pemilik akun Blogger dan Kaskus, mereka membuat group sendiri dengan tema Nasionalisme. Seperti Groupee Kaskus (Sebuah group pada Kaskus) “Kaskuser for Indonesia” yang sudah memiliki 69 member aktif. Mereka sering membuat kegiatan bersama untuk mempererat persaudaraan mereka juga mengumandangkan budaya Nasionalisme diantara mereka. Sebenarnya di Kaskus kebanyakan adalah forum teknologi, fashion, otomotif, source download. Tapi kita juga bisa menanamkan Nasionalisme lewat komentar-komentar pada bidang yang kita sukai.
c.       Comment pada artikel atau Lounge pada Blogger dan Kaskus
Karena kita punya akun blogger dan kaskus, maka kita bebas mengkomentari pada artikel dan lounge-lounge yang ada pada Blogger dan Kaskus. Apalagi Kaskus itu menyediakan kebebasan beraspirasi secara luas. Apabila ada ulasan yang menurut kita salah kita komentari dengan nada yang halus berlandaskan nilai dan norma Pancasila. Tidak perlu tergesa-gesa. Karena, jika tergesa-gesa pasti komentar yang kita tulis terlihat seperti menghakimi ulasan mereka. Dengan pelan-pelan, komentar yang berupa pendekatan dengan argumen yang jelas, mereka akan sadar dengan sendirinya. Apabila ulasan yang mereka tulis menurut kita mendukung Indonesia. Lebih baik kita memberikan reward berupa komentar yang mendukung. Dengan begitu sesuatu yang buruk menjadi baik. Dan sesuatu yang baik menjadi semakin baik pula.

Sangat Mudah Bukan? Strategi ini bisa dinamakan pendekatan dari hati ke hati secara online. Mereka mungkin tidak tahu bahwa apa yang mereka terima dari apa yang kita berikan bahwa berisi rasa Nasionalisme. Karena untuk merubah dan menanamkan karakter Nasionalisme itu tidak perlu tergesa-gesa ataupun paksaan. Karena “Dari Ngopi Bisa Menyelesaikan Masalah”. Jangan lihat apa yang sudah dilakukan orang lain itu salah, tapi kita perbaiki juga pada diri kita.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Matematika. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top